Friday, April 02, 2010

Kobato ending

ohkay, siapa yang suka kobato.? *angkat tangan sendiri*
yep, saia memang daridulu suka banget sama yang bikinan tangan CLAMP yang ohkayy banget, terus ceritanya juga menggugah hati.. *dengan ekspresi dramatis, ditendang*

kemarin saia sesenggukan liat endingnya kobato, 23-24.
jadi ceritanya, waktu di eps. 22 dimana Yomogi Hoikuen mau diancurin, Sayaka udah memutuskan untuk percaya sama suaminya, Ohkura, dan pasrah aja waktu Yomogi Hoikuen dihancurkan.
tapi Kiyokazu engga, Yomogi Hoikuen adalah tempat yang berharga bagi dirinya. Bahkan waktu hari terakhir Yomogi Hoikuen, ketika Yomogi mau dihancurkan, dia engga dateng. Kobato cuma sedih aja liat Kiyokazu kayak gitu. Dia tau persis bahwa Yomogi tuh tempat yang paling berarti buat Kiyokazu.
nah, karena Kiyokazu gak konsen sama baito ( kerja sambilan ) nya yang lagi nganter pizza pake motor, dia kecelakaan. Waktu Kobato pulang dari perpisahan, Chitose ngabarin ke Kobato bahwa si Kiyokazu kecelakaan.
singkatnya, Kobato ke rumah sakit sama Domoto dan liat lengan kanannya Kiyokazu patah. Kobato udah berusaha menghibur, cuma sama Kiyokazu malah dicuekin aja, malah digalak-galakin. Sebenernya Kobato juga tau bahwa Kiyokazu tuh lagi sedih banget karena Yomogi udah ancur.
tapi Kobato ga menyerah. Dia tetep bantu Kiyokazu, bersih-bersih, sampe diajak ke danau. Niatnya Kobato buat ngehibur Kiyokazu, cuma Kiyokazu cuma menanggapi dengan dingin. dia bilang ke Kobato, untuk membiarkan dia sendiri.
Kobato keliatan shock, kalau aku jadi Kobato, mungkin emang shock banget kali ya, soalnya dilema banget, waktu Kiyokazu lagi ancur hatinya, Kobato yang pengin bikin Kiyokazu seneng malah sebentar lagi mau "dipanggil" sama Ushagi-san, untuk melengkapi kontraknya.

trus dia ngikutin Kiyokazu, ninggalin si Iorogi dan Kohaku (yang kebetulan ketemu) buat ngejar dia. Dia ketemu Kiyokazu didepan hoikuen, sambil pegang pagar yang udah disegel. Keliata sedih. Waktu Kobato ngecoba hibur, Kiyokazu malah ketus, dan bertanya sama Kobato ngapain Kobato mementingkannya. Dan Kiyokazu mengira bahwa semua ini karena Kobato ingin berterimakasih, dan dia bilang dengan ketus bahwa Kiyokazu gak butuh terimakasih.

tapi Kobato bilang sama Kiyokazu bahwa Kiyokazu adalah orang yang penting untuknya. Kiyokazu terkaget-kaget, tapi mencoba menutupi dengan langsung pulang. Kobato ngikutin dari belakang. waktu didepan apato nya, Kobato berhenti. dia liat Ushagi turun ke arahnya dan ngasih bunga, tanda bahwa ntar malem Kobato harus sudah memenuhi kontrak.

trus Kobato bilang ke Kiyokazu bahwa ia tidak bisa menemani Kiyokazu besok pagi. Kiyokazu cuma bilang syukurlah, jadi nggak ada yang merepotkan, dengan maksud ketus seperti biasa, dan langsung masuk ke apato.

waktu senja mulai redup, Kobato pamit ke Chitose. Dia bakal pergi. Dan Chitose cuma ngasih selamat jalan dan bilang sama Kobato kalo udah di tempat yang baru coba ngabari. Kobato cuma ngangguk lesu.

sepulang Kiyokazu ambil obat, dia langsung kaget waktu dikasih tau Chitose bahwa Kobato udah pergi. dan tanpa pikir panjang dia langsung nyari.

tokorode, saia mau kasih penjelasan dulu.
mungkin banyak yang bertanya-tanya, apa sih sebenernya Kobato itu?

Kobato adalah seseorang yang sudah mati di masa lalu, karena sebuah kejadian yang sangat disayangkan di dunia lain. Permintaan terakhirnya sebelum ia mati adalah ingin terlahir kembali untuk pergi ke suatu tempat dimana ada orang yang ia sayangi, dan selalu berada disamping orang itu. Buktinya Kobato udah mati tuh waktu di eps. dimana Sayaka sakit, dan dia nangis-nangis waktu Sayaka bilang kalau terjadi sesuatu sama Sayaka dia bisa ngandalin Kobato dan Kiyokazu. Trus Kobato waktu nangis didepan Kiyokazu juga, dia bilang bahwa manusia bisa mati dari suatu kejadian yang sangat sepele pun.

jiwanya Kobato sebenernya dari dulu udah ga ada, mati. tapi karena permintaannya untuk dilahirkan kembali itulah, Kobato bisa di bumi dan ketemu Kiyokazu.
kalo menurut saia ya, Kiyokazu tuh orang yang mau ditemuin sama Kobato, walaupun cuma renkarnasinya aja. soalnya di mimpinya Kobato waktu masih kecil, dia sayang sama orang yang main piano, rambutnya panjang, diiket, cowo, mirip banget Kiyokazu. walau mukanya ga diliatin sih.

kayak katanya Kohaku, Walaupun orang udah mati, jiwa nya tetap sama dan Kohaku percaya bahwa setiap orang bisa bertemu kembali dengan orang yang ia sayangi walaupun itu makan waktu, walaupun orang yang disayangi udah mati.

akhir dari episode 23, yaitu ketika Kobato udah mau pergi, dia udah buka topi di depannya Kiyokazu yang menemukannya di taman bermain, Kiyokazu terkaget-kaget liat Iorogi bisa ngomong. Iorogi njelasin semuanya. Iorogi njelasin bahwa Kobato mengorbankan waktunya yang harusnya dipake buat ngumpulin konpeito cuma buat Kiyokazu, yang berarti sama aja Kobato udah lebih milih Kiyokazu daripada wish nya sendiri.

Kiyokazu terus bilang "yamete!" ato "nande?" dengan muka bingung, (aihh,. sedih banget disitu), menurut saia adegan ini mirip syao-saku yang di eps. pertama. (digepak)
Kobato berusaha senyum untuk terakhir kalinya, ngucapin terimakasih, tapi dia engga bisa, dia nangis, dia bilang sama Kiyokazu, ketika ia berada di samping Kiyokazu aja dia udah sangat senang. Kiyokazu adalah seseorang yang sangat penting baginya, akan terus dan selalu, selalu menganggap Kiyokazu sebagai orang yang begitu penting baginya.

dengan hati ancur, si Kiyokazu bilang jangan pergi.
habis itu tiba-tiba tembok yang udah ngalang"in Kobato ancur. Ternyata Kiyokazu ngeluarin konpeito dari dadanya. Konpeito terakhir. Dan bin nya terpenuhi.

akhirnya Kobato bisa pergi. terakhir dia bilang Sayonara dan pergi. huaaa.

saya suka bagian yang ini, mirip waktu mikage mati soalnya (07-ghost). hehe.

dan di eps. 24, akhirnya semua ingatan tentang Kobato dihapus dari seluruh orang yang pernah mengenal Kobato. tapi Kiyokazu walau sudah tidak ingat lagi, ia masih punya bekas yang kuat. waktu Chitose bilang kamar sebelahnya dari semenjak KIyokazu tempati kosong, dia mau nyari orang baru. tapi entah kenapa Kiyokazu ngelarang. waktu ditanya kenapa, dia juga bingung.

malemnya, dia lagi beres-beres jemuran (haha) dia nemu konpeito yang jatuh ke hadapannya. waktu dipegang konpeito nya, tiba-tiba ingatan tentang Kobato menguap semua. dia ingat lagi tentag Kobato, tapi waktu liat foto field trip nya yomogi hoikuen, disana Kobato menghilang. dia langsung lari, bertanya pada semua orang yang pernah tau Kobato, cuma ga ada yang inget, akhirnya dia nggedor-nggedor rumah Kohaku, dan akhirnya Kohaku cerita semua.

beberapa tahun sudah berlalu, Kiyokazu udah sukses jadi lawyer disebuah firm hukum. masih tetap menyimpan konpeito dan membawanya kemana-mana. suatu hari dia ditugaskan untuk menyelidiki rumah kosong terpencil yang dihuni oleh cucu klien yang sudah meninggal (kliennya).

waktu masuk ke rumah itu, Kiyokazu menemukan piano. Dia akhirnya memutuskan untuk memainkan lagu yang sering di nyanyikan Kobato, Ashita Kuru Hi. dengan hati ancur, dia inget masa-masa kenangannya Kobato dan dia. sedih banget. waktu dia selesai main, tiba-tiba dari kejauhan, ada suara nyanyian yang sudah sangat tidak asing baginya. itu suara Kobato.

Kobato udah ngga inget sapa Kiyokazu, saia udah sedih banget liat Kiyokazu waktu si Kobato bilang, "domo hajimemashite (salam kenal)" dan Kiyokazu ngomong, "Kochirakoso.. (senyum sedih) Hajimemashite," >A< (saia udah tampang OMG ga je) setelah selesai mengecek data-data rumah itu, Kiyokazu pamit. sebelum pamit, kiyokazu ngasihin Konpeito ke Kobato, dan menyuruhnya bernyanyi sekali lagi. waktu Kobato nyanyi, tiba-tiba ia ingat dan ada cahaya berkilauan dari konpeito itu. Kobato yang menghadap ke jendela membelakangi Kiyokazu diam, setelah cahaya itu mulai pudar. Kobato bilang, " watashi no ikitai basho, ichiban soba ni itai hito ga iru tokoro, Moshi, mou ichido aeru nara, kondo koso egao de yo to omottandesu kedo.. atashi, yappari dame desu ne.." dan Kiyokazu langsung manggil, " Kobato? " dan ini adegan endingnya, Kobato bilang "tadaima desu!" dan Kiyokazu senyum sambil mengatakan bahwa Kiyokazu sudah menunggunya begitu lama. dan Kobato langsung berlari menghambur ke arahnya, dan memeluknya sambil menangis. (ikut nangis michi nih..T^T) haaaah, dan akhirnya Kobato tamat. ini karya CLAMP yang kutaksir selain Tsubasa! ohohohoho. udah, lah, ya.. saia mau mandi, nih. (digebuk) tunggu review saia ttg kimi ni todoke end. jya ne~!


michi, 03 april, 2nd day after UN.


current music :
YUI - Bokura no Ongaku
current mood : boring...... ga ada ide cerpen nih.. =_=
current info : KIMTODO tamat~! dan saia barusan baca shugochara encore yang keren abis!
current manga : zigzag, the black butler, koko ni iru yo!
current anime : seitokai no ichizon!
current place : murasaki phantomhive-sama dong~


it seem i can reach, but in real i can't reach it anymore,

1 comment:

  1. Kak, kalau ada Bahasa Jepang ditulis sama artinya ya. Jadi ga bingung

    ReplyDelete