Tuesday, December 10, 2013

comfort zone.

semua orang pasti memiliki zona nyaman, suatu keadaan yang ia rasa telah pas, tidak lebih maupun kurang untuk menjalani kehidupan. baik teman, tempat tinggal sampai tempat beli makanan, semuanya merupakan zona nyaman.

4 bulan lebih aku tinggal di yogya, zona nyaman yang mulai terasa terbiasa, teman-teman yang mulai akrab, keseharian baru yang susah payah kubangun dengan bantuan banyak hal.

mungkin memang manusia itu tidak boleh puas akan zona nyaman.

kali ini ada jembatan besar, jembatan besar ke sebuah dunia baru, dunia yang benar-benar asing. beasiswa ini merupakan jembatan, yang sudah menjulur ke tanah dunia baru itu. tinggal akunya saja yang bisa mengendalikan langkah ini atau tidak.

inilah mungkin yang disebut dengan proses pendewasaan. mulai sekarang akan terus, terus dan terus menghadapi sesuatu sendirian. menghadapi masalah sendirian. belajar mandiri.

rasa cemas dan sayang memang akan terus menghantui. toh manusia memang dasarnya egois, ketika Tuhan meminta kita memilih salah satu saja pun kita akan terus meminta keduanya. apa yang harus direlakan untuk menegakkan sebuah niat? jawabannya hanya satu, zona nyaman.

bahkan sampai sekarang masih ada banyak hal yang belum bisa tersampaikan, teman-teman yang begitu menyenangkan, teman-teman yang baru kukenal belum setengah tahunpun, sudah jadi bagian yang berharga, susah untuk dilepaskan. teman-teman yang memberikan begitu banyak hal dan pelajaran.

..tapi cita-cita ini bukan demi siapa-siapa melainkan diriku sendiri. bukan demi pujian atau sekedar penghargaan prestasi. mimpi yang sudah lama kucari, ku ikhtiarkan, yang kubawa dalam setiap doa-doaku untuk selalu dipermudahkan. ini bukan demi siapapun.

ya Allah, apabila ini memang jalan yang terbaik bagiku, permudahkanlah.
hilangkanlah segala kecemasan yang menumpuk-numpuk ini,
ikhlaskanlah zona nyaman ini,
di negeri yang baru kuyakin kan kudapat sesuatu yang bermanfaat,
yang dapat merubah diri ini menjadi sesuatu yang lebih baik,
untuk sekarang dan seterusnya.

kudu semangat :)

No comments:

Post a Comment