Friday, September 03, 2010

farewell.

dan semua orang dan kejadian itu datang dan pergi. Berita mengejutkan, bisa dibilang terlalu mengejutkan, yang bikin kakiku langsung lemes ga karuan. Fiki Rufaida Al-Husna, salah satu teman dekatku semasa kelas 8 SMP berpulang ke sisi Allah SWT. Tadi shubuh setelah imsak, Aku tidur sebentar di pesantren karna kemarin malam tidur jam satu pagi. Gak ada feeling apapun, tiba-tiba aku dikejutkan oleh Rusyda dengan sms berita kematian Fiki. Ia baru saja pergi shubuh tadi. Setengah mati aku berusaha mencerna apa yang Rusyda bilang. Aku ngebuka hape, aku dapat sms yang sama dari Fifi sama Hani.

" Innalillahi wa innailaihi rojiun, telah meninggal dunia teman kita tercinta Fiki Rufaida,"

Siapa? siapa? Gak mungkin. Waktu itu aku belum bisa percaya dan nyangka. Aku langsung lari ke kamar Ui, dia baru saja mau tidur waktu aku bilang ke dia dengan suara lirih, " Zah, Fiki . . udah meninggal," seketika Ui langsung bangun. Langsung bertanya-tanya dengan nada kaget setengah mati dan gak percaya. Dia lari ke kamar ku dan Rusyda, panik dan bertanya-tanya. Aku tertinggal dibelakang. Masih belum percaya, mencoba mencerna info-info yang ada. Aku sms Hani, dia bilang baru saja meninggal shubuh ini.

Kayak ada sesuatu yang mau meledak saat itu juga. Dan kalau emang ada yang bisa ngegantiin meledak, aku bakalan berterimakasih. tiba-tiba kakak ROHIS dateng dan bilang suruh ke Mushola untuk upacara penutupan pesantren kilat. Aku turun, lunglai. Masih bertanya-tanya di awang-awang. Semua peserta pesantren lagi pada salam-salaman.

Aku dan otakku yang sudah mulai mencerna apa yang terjadi, seketika itu juga ada sesuatu yang pengin burst out istilahnya. mencoba tersenyum dengan mata yang berkaca-kaca, menahan air yang minta keluar dari kedua mata. bener-bener, aku bahkan harus menahannya pake sebelah tangan biar ga jatoh.

Ucchan, aku ketemu Ucchan pas lagi salam-salaman itu. Ui bilang ke Ucchan tentang berita mengejutkan itu, sama hal nya kayak kita, dia setengah mati mangap, ga percaya sama sekali dan bertanya-tanya, "kok bisa? kenapa?" aku yang ada dibelakang Ui masih ngeluarin effort dua kali lipat untuk nahan tangis pas liat Ui ngasih kabar ke Ucchan.

Habis itu aku dah berhadapan sama Ucchan. Dia masih setengah ga percaya, aku udah bener-bener pengin nangis saat itu juga, cuma tiga kali lipat effort aku tahan. Aku cuma bisa narik rukuhnya, lemas, dan beranjak ke orang berikutnya.

Rasanya aku pengin lari sekenceng-kenceng nya saat itu juga, karna kayaknya muka ku udah ga enak banget diliat. Aku langsung lari, naik ke atas. Di beranda depan kamar aku berhenti. Udah, udah ga kuat lagi. Aku mandang ke atas, langitnya masih agak gelap. Matahari belum terbit seutuhnya. Beneran, nyeri banget di dalem dada. Semua memori-memori kelas delapan menguak begitu aja, satu persatu. Memori-memori yang membuatku ingat kalo Fiki selalu ada disitu, disebelahku. Dengan senyuman yang udah lama ga aku lihat, dengan suara ejekan yang tidak pernah lagi bisa aku denger. Dengan tawa yang dulu, bener-bener bikin tambah nyeri.

Dan semuanya keluar, seberapa kali lipatpun aku tahan. Nangis, cuma itu yang aku bisa lakuin. Terserah apa kata orang lewat bilang, aku nangis senangis nangisnya. Semuanya kayak mimpi buruk yang gak bisa aku resist. Aku usap ribuan kali pun bakalan keluar lagi. Di otakku cuma kebayang Fiki yang udah gak ada. Sakit banget.

Trus Ui sama Ucchan dateng, kayaknya disaat yang tepat banget ya. Aku sadar kayaknya aku baru pertama kali ngerasa kehilangan banget. Ngerasa kehilangan sesuatu yang berharga untuk pertama kali, berat banget. Aku ngerasa bahwa aku tuh harus bener-bener nge-cherish, lebih ngejaga siapa yang berada disampingku sekarang.

Fiki, selamat jalan kawan. Bahkan aku belum sama sekali mengucapkan selamat tinggal.
Bahkan belum sama sekali mengucapkan selamat atas kelulusan. Mencoba menghubungi mu cuma gagal, dan sekarang yang kudapat hanya kabar. Kabar yang bahkan aku nggak sama sekali pernah memimpikannya.
selamat istirahat kawan, aku kangen banget sama candaanmu, senyumanmu, tawamu, ejekanmu, omongan nyelekit mu, hafalan-hafalan qur'anmu, bener-bener kangen. Ketika aku pengin liat lagi, aku sadar bahwa ini sudah terlambat.

Kamu pernah bilang bahwa kamu pengin meninggal di bulan Ramadhan, dan Allah mengabulkannya. Aku ingat kamu pernah bilang bahwa manusia tuh hidup harus berusaha, aku ingat gimana kamu panik dan nenangin diri kamu sendiri, Aku inget Fiki tuh satu-satunya orang yang mau nyatet catetan panjang di bukunya, dan berbaik hati meminjamkannya buat banyak orang. Aku inget gimana simbiosis mutualisme kita, gimana kamu ngejek puisi ku waktu bahasa Indonesia, waktu ngerengek minta diajarin listening bahasa inggris, waktu kamu ngoprak-oprak aku biar ga males ikut tae kwon do, waktu ngajarin aku dengan telaten pas matematika, waktu kamu bilang semangat pas aku ngeluh tentang banyak hal, waktu kamu ngejek "jepang-an bae," tiap aku heboh cerita jepang, waktu kamu nasehatin aku ini itu pas aku ngerencanain hal jelek. seorang Fiki Rufaida Al-Husna, yang udah ngajarin aku banyak hal kecil yang berguna sampe sekarang.

Makasih Fik, makasih udah mau jadi temen aku.
makasih udah ga keberatan waktu aku bergantung sama kamu.
makasih udah jadi sesuatu yang berharga bagi aku.

Maafin aku, aku tuh sama sekali bukan orang yang baik, temen yang baik.
bahkan aku gak bisa menyempatkan diri di waktu sibuk untuk jenguk kamu.
maafin aku Fik, sungguh.
sampe saat terakhir aku gak bisa ketemu kamu.

Fiki, selamat jalan.
aku ga tau harus gimana lagi, Fik. Aku cuma minta ke Allah SWT satu hal, semoga Fiki, dengan amalan ibadahnya yang banyak diterima di sisi Allah SWT dan gak menjalani siksa kubur yang pedih.

Fiki bakal tetep jadi Fiki, yang ga bakal aku hapus dari ingatan sampe kapanpun, Insya Allah.

Sayonara, nakama. Oyasuminasai.

No comments:

Post a Comment