Tuesday, September 14, 2010

random things about my vacation. :)

yap, kali ini saia ingin bahas something random, bukan tentang jepang. saia mau cerita tentang hal-hal yang menurut saia "keren" di liburan (pendek) saia ini.

seperti biasanya, sangat sangat biasanya, habis lebaran saia silaturahmi (dan liburan) ke Jogja.
dan di Jogja, pasti ada sesuatu yang menyenangkan, dan aku bilang, "suge~"

yaitu dua hal ini :

1. Film "Sang Pencerah"

sang pencerah

hari Minggu, saia sama keluarga main ke Amplas, rencana mau nonton film Sang Pencerah di 21. dan setelah nonton ini saia masih excited dan bilang, "sugee~" karna keren abis, film ini bercerita tentang KH. Ahmad Dahlan dan perjuangannya untuk memperbaiki agama Islam yang di tahun 1800an yang masih rada "nyeleneh" dan tidak sesuai dengan apa yang ada di al-Quran. Perjuangannya yang tetap teguh dalam apa yang ia percaya walau dia diteriaki "kafir". Dan perjuangan dia untuk mempertahankan dan membentuk sebuah Organisasi Islam bernama Muhammadiyah.

Kalo diliat dari pertamanya, saia bakal ngira saia bosen dan bahkan tertidur karna saia memang tidak begitu suka film bergenre sejarah yang nampak membosankan. tapi kayaknya saia tarik lagi deh, soalnya saia malah rada "kebawa" dengan film ini. saia ngakak waktu ada Giring Nidji main disitu, konyol banget kalo udah ada dia dkk yang berperan jadi murid setianya KH. Ahmad Dahlan yang dimainkan oleh Lukman Sardi. Trus Nyai Ahmad Dahlan yang diperankan sama Zazkia A. Mecca, saia suka sama kata-kata mereka yang realistis dan keren, membuat saia bilang "wew" dan thumbs up sama yang bikin skenario. Saia juga kapan-kapan mau bikin skenario yang kayak gitu ah~ *ngimpi mode.

disini diajarkan banget apa arti perjuangan ntu, kita diajarin untuk terus berpegang teguh untuk apa yang menurut kita benar. dan yang pasti, kita juga diajarin sejarah bagaimana Muhammadiyah dulu.

yang bikin ngakak adalah cara ngomong mereka yang campur-campur, antara Jawa dan Indonesia, rada norak. hehe. tapi tetep thumbs up buat film ini~ :D

quotes :
"Hidup-hidupkanlah Muhammadiyah, tapi jangan mencari hidup di Muhammadiyah," - KH. Ahmad Dahlan

2. Novel "Galaksi Kinanthi, Sekali Mencintai Sudah itu Mati?"

galaksi kinanthi

Rumah sodara saia di Jogja memang penuh dengan buku, makanya saia suka banget berada disitu. MUAHAHA. dan saia menemukan buku tebal dengan cover Hijau tua, buku berjudul Galaksi Kinanthi, dengan gambar seorang wanita berdiri membelakangi, di atas dek kapal memandang bulan dan bintang-bintang. kesan saia satu, dramatis. Saia jadi tertarik baca deh.

Yaudah, 3 Jam berikutnya, saia hanya ternganga. HUA, sugee~ bukunya bagus banget! banget! two thumbs up! saia rate 5 stars sumpah! >.<
ga banyak novel yang bisa bikin saia mangap, novel ini penuh dengan emosi. Tasaro GK pinter banget memilih kata dalam novel ini. bercerita tentang seorang gadis kecil bernama Kinanthi, anak Gunung Kidul yang tidak beruntung. Miskin, dengan orang tua penjudi. Dia hidup dalam cercaan orang-orang sekitarnya. Dianggap begini, dinilai begitu. Namun lain hal dengan Ajuj, Ajuj mau main sama Kinanthi, melindunginya. Walau banyak orang yang menyalahkan mereka.

Suatu hari karna kekurangan uang, Ayah Kinanthi menjual Kinanthi dengan 50 KG beras untuk menjadi Babu di bandung. Ia mengalami perjalanan berat dari Gunung Kidul, Bandung, Jakarta, Riyadh, Kuwait, Miami, hingga New York.

cerita ini membahas tentang berbagai hal yang sepertinya kalau dipikir dialami 1 dari sejuta orang. berpindah-pindah penderitaan dari satu negara ke negara lain, berusaha menemukan kemerdekaan. ini novel yang membahas tentang kejamnya trafficking perempuan di negara kita. Yang menarik adalah Konstelasi bintang yang ada di novel ini. dramatis. Kisah cinta tentang dua orang yang saling mencari selama 20 tahun, tetapi tak pernah bertemu. Tentang prasangka, tentang pemahaman Agama Islam yang tersirat di dalamnya. Bahasa yang penuh emosi, emang saia sukaaaa banget sama hal-hal yang dramatis. yang pasaran di mata orang-orang. Bintang. Orang yang koma dan enggak bangun-bangun, penantian, dll. Capek, siapa sih yang ga capek menunggu seseorang yang gak tau kabarnya dimana selama 20 tahun? disini kerasa banget gimana rasa capeknya itu. Keberadaan yang samar-samar memang sangat tidak menyenangkan.

saia reccomend banget buku ini untuk di BACA. bukan buat di MAKAN. (plak

quotes from books :
"Kinanthi, bagiku galaksi cinta tidak akan pernah tiada. ketika malam tak terlalu purnama, lalu kausaksikan bintang-bintang membentuk rasi menurut keinginan-Nya, cari aku di galaksi cinta. aku tetap akan ada di sana. tersenyumlah... Allah mencintaimu lebih dari yang kamu perlu." - Ajuj.


dan kini saia kembali hinggap di Purwokerto, dan berencana beli buku berjudul "Sakura" karya siapa aku lupa. wkwkw.
Nanti aku tulis reviewnya deh,
jaa~ ne.

No comments:

Post a Comment