Thursday, March 24, 2011

goukaku dayo!

fuuuh, akhirnya saya lulus juga. alhamdulilah. setelah perjuangan panjang dan nekat pergi ke jogja pas lagi sibuk sibuknya ujian sekolah, akhirnya saya LULUS juga di N5 Nouryoku Shiken dengan nilai yang, --er, cukup memuaskan :DD
pertamanya tuh temen-temen saya udah pada dapet semua, kan berangkatnya ber lima tuh, semua udah dapet kecuali saya dan temen saya satu lagi. tapi dia emang rumahnya rada mblesek *bletak* jadi ga heran lah kalo dapet kiriman surat pemberitahuannya lama. tapi saya? rumah saya masih termasuk di kota, boo gayamu masa tukang posnya sampe nyasar si ngiriminnya, bodo apa? *kicked*
eh ternyata eh ternyata, si tukang pos itu dateng 5 hari setelah saya tunggu-tunggu, dan langsung ngomel panjang lebar, 'ini rumah ga ada orangnya apa? di ketuk ga pernah mbuka, di telpon ga ngangkat! payah' dst. wew, inilah potret pelayanan jasa di indonesia -,- udah telat, marah-marah. usaha kek, diselipin bawah pintu kek, ga punya akal banget lah. *hus*
yaaah, selain masalah tukang pos itu si kayaknya ga ada masalah. saya udah doki doki ngebuka tu amplop besar dengan bertulisan 'Ujian Kemampuan Bahasa Jepang' alias Nihongo Noryoku Shiken itu. duuuh, kalo ampe ga lulus gimana nasib saya? masa ngulang lagi? saya udah belajar keras dan nekat ke jogja sendirian, masa usaha saya sia-sia? dengan berbagai pikiran saya bukan tu angkot, eh tu amplop.
ada tiga kertas di dalemnya, pertama sertifikat, kedua kertas penjelasan level NS dengan kanji kanji yang mbingungi (.__.) dan yang ketiga kertas kecil penjelasan skor. yang pertama saya baca adalah kertas sertifikat warna merah, ada tulisan N5 disitu dan tertulis dengan kanji-kanji sulit. tapi dibawahnya ada transletannya jiaah pake bahasa inggris. AND I'VE PASSED! aaah, bahagianya diriku.. *hulahula*
tapi saya langsung liat ke kertas pengumuman skor nya. dan skornya adalah begini :

Name : Lailia Nur Safitri
Level : N5
Passed.

Score :
Vocabulary, Grammar (agak lupa apa tulisannya disitu, tehe) : 77/120. <-jelek ga sih? saya rada kecewa sama ni nilai.
Listening : 60/60. <- nilai ini yang bikin aku kaget. NILAI SEMPURNA BOOOK~ perasaan pas listening aku ngerasa banyak yang salah deh. -_-
Total Score : 132/180 <-kecil ga? kecil ya. T__T

Grade Score : (kayak nilai huruf gitu deh)
Vocabulary : A
Grammar : A
Listening : A
<- ahaha, liat 3 nilai yang begitu menyenangkan membuatku melayang. hoek

TAHUN INI SAYA BAKAL LANJUT N4~~ YAHOO~~ *gilak*
ganbarimasu! ^o^

oya, ada yang belum tau apa itu JLPT? mari kita simak di mbah wiki. bilang aja males jelasin
"The Japanese Language Proficiency Test ( Nihongo Nōryoku Shiken?), or JLPT, is a standardized criterion-referenced test to evaluate and certify the Japanese language proficiency of non-native speakers. It is held twice a year in East Asia and once a year in other regions.[1] The JLPT now has five levels, with Level N5 the most basic and Level N1 the most difficult. From 1984 to 2009 the test had 4 levels, with Level 4 the most basic and Level 1 the most difficult – see kyū. But a new level was inserted between 2 and 3, meaning N5 corresponds to the old Level 4. In 2008, the Japanese government announced a plan under consideration to use the JLPT to screen applicants for long-term and permanent resident visas.[2] The test is held on the first Sunday of July and December each year.
n Japan, the JLPT is administered by the Ministry of Education[10] through the Japan Educational Exchanges and Services (JEES). Overseas, the Japan Foundation co-proctors test administration with local cultural exchange and/or educational institutions, or with committees specially established for this purpose.[11][12]"
info selengkapnya di website JLPT langsung. http://www.jlpt.jp/e/

ujian JLPT ni agak mirip ke TOEFL kali ya, untuk beasiswa-beasiswa yang sering ada tuh, visa pelajar buat kesana misalnya. syarat-syarat yang harus ada ya level JLPT ini. biasanya sih yang diminta adalah udah lulus N3 JLPT dulu, baru persyaratannya bisa lengkap. soalnya ni tes udah ada di 80 negara nih, dimana-mana ya pasti ada lah syarat beginian.
makanya saya anggap ini sebagai little step for a better future. kalo belum bisa kesana pas lulus SMA ya pas S1 besok deh. aminnn ya rabbal alamin.

GANBARIMASU~  

No comments:

Post a Comment