Tuesday, March 29, 2011

future?

entah kenapa aku bingung.
iya, bingung. kata yang terdiri dari tujuh alfabet itu adalah apa kondisiku saat ini. itu semua orang tau
apa ya, rasanya ada sesuatu yang ganjel tiap liat angket pemilihan jurusan, tiap liat guru BK cuap-cuap geje di depan kelas. tiap beberes file-file penting di meja belajar. muncul suara - suara di kuping yang bertanya-tanya, 'lu mau ngapain di hidup lu sekarang?' 'detik habis ini kamu ngapain?' dan sebagainya.
di hidup yang makin berlalu ini aku mau ngapain?

kayaknya enaaak banget mereka mereka yang udah mantep di jurusan IPA, udah rencana pengin jadi dokter, dan pastinya PINTER di bagian itu, matematik pinter, fisika sip banget, kimia encer, biologi mantep. disayang guru pula. soo perfect. di angket tinggal nulis aja pilihan petama kedua sama-sama IPA, tenang ampe kenaikan kelas entar.
lha aku?
IPA jelek IPS wagu. dua-duanya nilainya norak semua. mau masuk mana jane? ukaes? okeh.
kadang pengin banget langsung kuliah, ahaha. walaupun kesannya 'ni orang ga tau kuliah kayak apaan yak?' dan 'gampang banget ni orang sinting ngomong!' tetep aja kayaknya kalo kuliah tu lebih tenang aja daripada pas di SMU. kalo udah masuk fakultas yang disenengin, tugas tugaspun bisa dikerjakan dengan riang gembira. kalo ga susah.
kalo SMU kan seneng ga seneng susah ga susah, adepin tu semua pelajaran. kayak sekolah peduli lu suka ga suka. ini sekolah manusia bukan?
kadang aku ngerasa kita kayak disekolahin seperti robot. dilelepin sama seabreg pelajaran, peduli setan ama perasaan yang nrima tu pelajaran. <-pemikirananakkelassepuluhyangsedangsakitjiwa.
tau ga si ni bingung kayak apa hah?
apa coba penjurusan gitu? apaaan? mending kalo anak suka pelajaran matematik, atau geografi. jelas mau masuk mana. kalo tu anak cuma suka sastra bahasa? mau masuk mana hah? ukaes?
mana di sekolah ada pula beberapa guru yang mencuci otak anak-anaknya biar masuk IPA semua. ditakut takutin kalo jurusan lain tuh gini - gono. tendang sekalian.

aku selalu ngimpiin aku pengin masuk fakultas sastra jepang. mimpi dari SMP.
mimpi pengin nulis sebagaimana layaknya orang jepun nulis kanji dengan santainya.
pengin dapet beasiswa dan pergi ke sana melajarin sastra budaya nya.
aku ngejar susah susah NS dari bocil SMP padahal sekelas yang ikut mahasiswa semua.
ngafalin buku kanji dasar sampe begadang, mbaca-mbaca buku buku tata bahasa yang tebelnya amit-amit.
tapi rasanya kehidupan di sekelilingku nganggep perjuangan ini hal kecil. padahal kata sensei, niatan untuk anak SMU kelas satu seumuran saya ini masih bener-bener jarang ada.
rasanya kondisi di sekitarku ga pernah ada yang ngehargain apa cita-citaku ini. di SMU juga, kalo aku ga berjuang sendiri pun ni mimpi cuma bakal tetep jadi mimpi kali ya.
mimpi kosong yang ga ada artinya. kondisi SMU ini gak pernah ngedukung aku. keseeeel rasanya.
mau IPA mau IPS ga bisa. masuk bahasa juga kayaknya tetep sia-sia.
kadang bertanya-tanya, 'aku di SMA ini buat apa?' apa ketika aku masuk IPA aku bakal jadi sukses? tertekan rasanya haaa.
lagipula dengan sifatku yang males-malesan ini aku juga bakal rough untuk ada di IPS, tapi kalo di IPA, apa aku kuat ngadepinnya?
onayami da yo~ taihen da yo :((

tapi aku pikir lagi, kalo aku cuma bingung sama hal kayak gini, besok ke depan aku mau ngapain?
waktu yang sekarang selalu menang sama manusia. kalo manusia cuma bisa ngeluh dan berenti, waktu bakal menyeret kita dengan hopelessnya.
dan aku memutuskan untuk tidak berhenti disini. aku harus lanjut, jalan ke depan. zaman sekarang, manusia gak boleh kalah sama waktu, manusia bisa berenti, tapi waktu engga.
aku harus berjuang, bagaimanapun Allah memutuskan aku masuk mana, aku bakal terus berjuang.
sampai mimpi ini bakal tercapai, sampe kaki ini sudah menginjak serpihan sakura suatu saat nanti,
berlari atau mati,
I won't ever lose from this damn life.

No comments:

Post a Comment