Monday, July 25, 2011

Dear My Friend.

" tomo ni sugoshita hibi ga natsukashii,
itsushika, anata to futari de,
au kikai ookunatteta?
ano toki no you na kiraku na kimochi,
dokoka ni wasurete shimattayone. "

" I miss the day when I'm used to be with you guys,
before I knew it, I had more and more chances to see you.
but at some point, I've had forgotten.
that comfortable feeling I had back then."

--
tadi aku lagi nyari-nyari file soal-soal N4ku. pas lagi nyari-nyari nih (yang ternyata kagak ada) malah aku nemu sebuah folder menarik. 'chatting history'. apa nih? aku mikir, udah laaama banget kayaknya tu folder nggeletak. ternyata ini sisa-sisa kenangan lama yang ternyata masih tersimpan diantara folder-folder tugas saya
ketauan lah itu folder isinya apa dari namanya. "CHATTING HISTORY". jadi dulu pas SMP, aku punya kebiasaan jelek nge-save-in history-history chat yang barusan dilakuin. FYI, di folder ntu ada buaaaanyak buanget. dari yang gak penting sampe (yang dulunya) aku anggap penting. semua ada disana. awww, natsukashii naa
alhaasill, lagi. aku buka buka deh. beneran gila dah~ aku jadi melankolis hoeks gimana gitu dah. hal pertama yang aku sadarin adalah,
DULU AKU ALAY BANGETZ. HUAH.
jdar, duer, bumi gonjang-ganjing. hwakakak, beneran deh, kalo baca-baca postingan blog yang dulu, catetan-catetan yang dulu, file-file yang dulu, pasti ngerasa dah kalo 'dulu-gue-njis-alay-bukan-main-permirsa.'
mungkin pas besok aku kuliah baca ni posting juga bakal mikir, 'gue dulu norak banget sih?'. Duh.

pas baca tuh, dulu aku itu sok-sok-an bisa bahasa jepang padahal masih cetek banget bahasa jepangnya. untung sekarang udah tinggian dikit walaupun masih cetek juga. *loh*
Ehem.
anyway, off to topic.
I miss that time. so much. so much until it hurts. *sambil narikin kerah baju*

entah kenapa aku kangen masa-masa ke-alay-an itu. (ngomong seakan sekarang udah lulus dari kata alay.) pas seru-seruan ngestalker orang yang ngerjain aku ama si sw_dkid dan kita berhasil ngerjain balik tu orang dengan cara pake suara si norak ucchan yang sok di cowok-cowok-in padahal notabene suara kita masih kecemprengannya anak SMP dan bodonya tu anak yang dikerjain balik panik dan percaya aja. hwakakakak. keren deh kita-kita~ ufufufufu
di folder itu kesimpen catetan chatting pas aku ama ike diskusi sebenernya ni orang siapa. ngakak banget, aslian dah ngakaaaak~. kita heboh berdua padahal si culprit abal-abalan banget. si sw_dkid yang biasanya cuma jawab chat dengan 'hah' dan 'hmm' (dulu) tiba-tiba excited sendiri dengan pembahasan 'si orang yang suka misscall-misscall' itu.
nee, do you remembeeer? :)
ada lagi banyak notes-notes kecil yang terlupakan, kejadian-kejadian yang 'Ah~ baru inget sekarang.' ada di notes-notes itu. emang bener ya, kenangan lama tu bikin excited~. tapi kadang jadi inget juga hal-hal pahit yang sekarang kadang juga masih teringat. seneng aja rasanya ada sesuatu yang bangkit lagi setelah lama terkubur (zombie? Hmm.)
dan tiba-tiba aku pengin buka internet, pengin nulis di blog ini. aku ngerasa, 'Aa! I have something to tell you.' and finally, my fingers danced by itself on this keyboard.

serobek surat kecil untuk teman kecilku


Dear kawan kawan kecilku (yang sekarang mungkin sudah lebih besar)
dimanapun kalian berpijak membaca postingan kecil ini.

Halo, kawan.
apa kabar kalian semua? rasanya sudah lama sekali kita nggak bertemu. keren nggak sih, tiba-tiba aku nulis kayak ginian. entahlah, rasanya aku kangen kalian semua, jadi aku tulis kayak ginian. perasaan kalian jadi nggak enak? Maaf deh, maaf. ini cuma.. Errr, apa ya? sedikit pelampiasan stress? Haha. bercanda kok.
how's life? Gimana hidup kalian-kalian semua? Berjalan sesuai rencana? temen-temen kalian asik-asik? Guru-gurunya mbosenin? kayaknya kita semua hampir bernasib sama ya. Hari-hari kalian menyenangkan? kalo menyenangkan, aku ikut seneng deh~.
tau gak sih? Aku ngerasa aku banyak berubah selama setaun ini. eh, iya kan? setaun bukan waktu yang panjang kan? Iya, aku ngerasa aku bukan lagi aku yang dulu jaman kita SMP dulu. jaman masih suka kejar-kejaran sana-sini, lari-larian ga jelas sambil ngelitikin orang. gak mikir kita besok bakal gimana dan ngapain, yang penting sekarang aku masih bisa hidup dan bermimpi.
sejak kapan kita semua berubah jadi orang yang---bahkan diri sendiri gak kita kenal?
mungkin, cuma mungkin, pas kita merubah celana hijau itu jadi rok panjang warna abu-abu. satu persatu, keping sekeping. hidup kita, kalo misal diibaratin ama uang, pindah dari kantong satu ke kantong lainnya. terus berpindah, terus mencari kita ini bakal diapain nantinya, tapi gak ada satupun yang bisa menjawab. our future is a blank paper in high school.
kelas sepuluh kemarin aku masih bingung, kawan.
kelas sepuluh kemarin rasanya aku tuh blank, gak tau mau kemana. kemana-mana cuma ngikut temen, kesini ngikut temen, kesana juga ikut. sampe pas penjurusan aja aku masih bingung aku mau kemana.
akhirnya aku pilih IPA karna desakan lingkungan, desakan pemikiran 'aku nggak mau sendirian.' selalu menghantuin. padahal sebenernya aku nggak suka pelajaran IPA. bahkan aku nggak bisa bayangin gimana nanti aku masuk IPA beneran, bisa naik kelas gak aku.
pas ternyata aku dimasukin IPS, jujur aku agak kecewa. karena sepertinya aku didahului oleh anak yang maksa masuk IPA. ketika aku lihat di daftar nilai, nilai IPA dia gak lebih tinggi dari aku, tapi dia yang malah masuk IPA. bukan masalah aku yang pengin masuk IPA. agak kecewa aja karna kalau begitu ngapain aku stress-stress les IPA kalo tau aku bakal masuk IS sejak awal.
tapi nggak apa-apa sih, aku malah sekarang bersyukur ko masuk IPS. aku jadi bisa fokus sama jalanku sendiri. walaupun sendirian disana, aku udah nggak peduli walaupun aku udah nggak bisa ngegabung ama obrolan temen-temen tentang pelajaran, atau kekagetan dan pengucilan dari orang secara implisit kepada anak-anak IS. tiap hari aku gak stress karena liat di jadwal ada pelajaran fisika, kimia ataupun biologi. tapi ternyata hidup gak sampe sini aja.
tiap hari anak kelasku bikin ulah, kawan. kadang aku sampe gak tahan liatnya dan pengin aku iket satu-satu dan aku kerangkeng. sudah terbiasa rasanya tiap hari mendengar teguran guru terhadap kelasku. kadang sampai frustasi pengin teriak tapi sayang gak ada yang bakal mengerti walaupun aku cerita karena mereka anak jurusan lain. tapi kalo kayak gini aku ga bakal bisa apa-apa kan? Makanya aku usaha untuk terbiasa dengan semua ini.
sori, ko aku malah jadi curcol sendiri. hehe.
tadi aku nemu file-file lama kawan. karena aku lagi stress kali ya, aku jadi ngerasa aku kangen kalian. apa kalian stress juga disana? Kayaknya semua dari kita ngerasain stress masing-masing deh ya.
kemarin aku main ke fest sebuah SMA dari salah satu kalian. aku liat seseorang dari kalian lagi tampil, sosok yang familiar tapi terasa asing. kalau dipikir-pikir, aku udah bareng dia 9 tahun lebih. rasanya hebat aja, kita bisa kenal selama itu, sementara aku masih inget betul gimana dulu kita lari-larian di tangga SD kita dan maen disana. haha.
semua sekarang punya hidup masing-masing ya? aku mikir kayak gitu.
malah bentar lagi ada salah satu dari kita yang udah mau lulus. padahal aku ingat betul gimana aku down mikirin dia bakalan lulus setaun sebelum aku. tapi sekarang sepertinya aku jadi lebih bisa nerima semuanya. aku sadar tiap orang bakal ngelukis jalan yang bakal mereka lalui masing-masing dengan tangannya sendiri. aku nggak berhak ikut campur dan memberatkan, aku yakin semua orang udah diatur untuk meraba jalan yang terbaik untuk mereka sendiri. aku jadi bisa nerima fakta kalo bentar lagi dia bakal lulus dan aku ga bisa ketemu dia lagi kalo dia kuliah, apalagi kalo diluar kota.
sementara aku sendiri lagi bersusah payah, aku juga pengin kuliah diluar kota, lulus SNMPTN dan bisa kayak kakakku yang di universitas berjaya, tapi aku pasti bingung, gimana biar aku bisa berjuang untuk kesana? Ngomong tanpa usaha ga ada artinya.
kadang takut juga ya, mikir, 'ah, aku gak bakal bisa ketemu dia lagi, ngobrol bareng dia lagi.' gak bisa membayangkannya karena merasa takut. tapi roda kehidupan berjalan. bahkan udah ada salah satu dari kita yang udah mau praktek kerja seperti orang dewasa. Apa kita masih terlalu muda dan hanya bisa terus berkata 'seandainya'?
dulu, pas SMP, ketika kita hanya duduk di koridor memandang kejauhan. aku selalu berdoa agar kita selalu akan tetap begini. ketika dipikir sekarang mungkin konyol, semua orang pasti berubah menjadi diri yang kita sendiri kadang tidak tahu. yang menyukai jadi membenci, yang berjalan jadi berhenti. gak ada yang tau apa yang bakal kita lakukan nantinya.
tapi tau gak sih, pas di buku kenangan aku nulis,
' apabila kita pergi jauh, jangan lupakan orang-orang yang ada dibelakang kita.'
baru sekarang aku tahu maksud dari kata-kata itu.
kamu tahu, menurutku, orang boleh pergi sejauh apapun. tanpa batas, mengelilingi dunia ke tempat asingpun. pergi ke universitas yang jauhpun, pergi ke perusahaan yang nggak kita kenali sekalipun. apapun yang orang itu mau, gak ada yang gak bisa di jejaki kalau orang itu mampu.
tapi bukankah tiap-tiap orang pasti berharap tempat untuk kembali pulang?
bukankah orang itu pergi untuk kembali? Bahkan seorang pengusaha yang mempunyai prospek miliar dollar pun mengharapkan kehangatan orang-orang yang ia cintai untuk kembali pulang, melepas lelah dari kebisingan hidup. tiap-tiap orang mempunyai tempat untuk kembali, ketika kamu lelah atas apa yang kita alami di kehidupan, kita bisa pulang, melepas sepatu dan melonggarkan kerah untuk sekedar mendesah dan bercerita akan kelemahan. bercerita tentang apa yang terlihat dan terdengar.
begitupun juga dengan kawan. kawan lama yang berada dibalik punggung kita yang rapuh. yang dapat kita tumpahi curahan kelelahan tanpa rasa segan, bercerita tentang kehidupan lalu dan sekarang, lalu menertawakannya seolah-olah itu tidak terjadi pada kita. bukan begitukah tempat pulang tersebut terlihat?
mungkin kita sudah berjalan dalam jalan kita masing-masing, menggenggam roda-roda kehidupan ini dengan tangan-tangan yang rapuh. Tapi ketika suatu hari nanti kita telah mengenggam cahaya kehidupan kita masing-masing,
bagaimana kalau kita kembali pulang? Duduk merosot menatap kejauhan sambil membicarakan kehidupan?
suatu hari nanti,
aku akan terus menunggu. :)


Sincerely yours,
Me :B

No comments:

Post a Comment