Wednesday, September 21, 2011

yang harusnya nangis tu gue.

this is the worst day. really.

gw punya guru MTK namanya pak ***. sebut saja pak O. pas hari pertama anak-anak ketemu pelajarannya dia, masih pada seneng, ngajarnya baik, jelas, tahap pertahap. tapi gak taunya, makin kesini makin ngelunjak. padahal dulu cuma asal nyelekit, sekarang tiap pelajaran dia sekelas jadi pada horror. puncaknya tadi, entah mungkin pelajaran dia besok bakal lebih kejam daripada hari ini, but well, aku mau cerita tentang hari ini dulu.
hari ini tuh aku shock berat, tertekan banget. 
hari ini tuh hari paling SAI-YA-KU. THE-WORST. I mean it, hella worst.
pelajaran pertama bahkan temen gw udah dibikin nangis, MASA DEPAN KITA BAKAL JADI APA PAK? *lebay sedikit*
bahkan kita belum dicobain rumusnya, udah ditunjuk dengan (agak) paksa, dengan omelan dan gerutuan tentang kami yang payah, lelet, dan gak bisa ngerjain, lalu dengan ending di maki di depan kelas. gantian yang bisa aja dipuji-puji ampe mampus. dan gw cuma gara-gara ngelempar tip-ex dan gw ditunjuk, walaupun akhirnya bener juga tetep dibilang payah dsb. kejam gak sih?
OKAY,
gw tau kalo kelas gw tu kelas I.P.S, i-pe-es, kelas yang di mata guru, or well dimata sebagian guru, adalah kelas yang liar dan masuk ke dalam kelasnya aja udah berarti tantangan berat untuk mengajar disana selama setaun, dengan kriminal yang macem-macem, anak yang suka sebal sebul ngerokok kayak tukang becak, yang ijinnya sekolah gak nyampe sekolah, yang bajunya sering gak dimasukin, yang kumal kayak gak pernah mandi, yang bolak-balik masuk kesiswaan, ampe yang berisik gak tau aturan, macem macem kayak kebon binatang.
I've already know that so well, too well.
tapi bukan berarti kita bisa dijelek-jelekin dong? di cerca dan dimaki payah or bego or so what, telinga kita udah sampe terbiasa dengernya pak, gak cuma bapak kok yang ngomong gitu. "kalian harus berusaha biar gak kalah sama anak ipa!" berarti bapak sama aja bilang kita UDAH kalah sama anak ipa sampe bisa bikin kesimpulan kayak gitu, ha?
gw gak nyalahin ipa, no offense, gw cuma kesel kenapa kita selalu, SELALU, you know? dibanding-bandingin sama anak ipa. well, mungkin maksud guru kebanyakan baik, biar kita semangat, usaha lebih keras lagi, tapi yah, bu, pak, daripada kita disuruh gak kalah sama anak ipa, or menang dari anak ipa, BETTER SHUT UP. udah bukan jamannya lagi kita punya motivasi 'untuk gak kalah dari anak ipa.' BAHKAN KITA SENDIRI BELUM MENANG DARI DIRI KITA SENDIRI, PAK, BU! *sori kepslok*
kita masih egois. masih egosentris. semaunya sendiri. ulangan ngerjain seadanya, gak mikir, dimarahin guru isinya cuma boong, disuruh ulangan isinya nyontek, dikasih peer isinya nyalin. gak punya motivasi cuma sekedar untuk lulus dan sebagainya.
tapi ya,bu,pak.
GAK SEMUANYA KAYAK GITU. CAMKAN ITU.
di I.P.S juga masih ada yang rajin, masih mau usaha, tiap hari buka buku dan belajar, gak cuma tongkrongan gak mutu di pinggir jalan ampe mampus aja. tapi kita selalu kebawa, jam istirahat kami kepotong cuma untuk mendengarkan guru marah dikelas kami, padahal yang salah hanya orang-orang ituuuuuuu saja. kenapa orang-orang itu gak dipanggil saja baru dimarahi? kenapa guru masih sering marah kepada kami akan nilai kami, padahal diantara kami yang dimarahi itu ada yang bahkan mendapat nilai sempurna?
miris gak sih?
kami yang berusaha tetep gak keliatan. gak dihargai. kami memang belum pintar, belum bisa langsung memenuhi papan tulis dengan jawaban layaknya sang peraih medali emas OSN atau yang lainnya. belum bisa langsung ingat hapalan-hapalan seambruk tentang hal-hal rumit, tapi setidaknya kami sedang berusaha. kalau kami sudah pintar, siapa juga yang mau repot-repot sekolah? berangkat pagi pulang sore hari? lalu kenapa bapak matematika itu menyalahkan kami yang tidak bisa? sementara bapak yang bertugas mengajari malah memaki, membentak kami yang payah dengan horor, apakah pendidikan karakter yang dicamkan di sekolah kami ini hanyalah omong kosong yang sia-sia? sementara guru kami malah memaki kami yang belum bisa?
kami bukan einstein pak, kami hanya murid biasa yang punya kemampuan yang juga biasa. apa kami tidak sehebat itu untuk bapak ajar? lalu apakah bapak pernah mengajar einstein?
kami dibanding-bandingkan semenjak hari pertama masuk sekolah, kami bahkan diakui payah saat kami belajar pelajaran paling susah, kami dicap liar, sudah kalah, hopeless bahkan sebelum perang.
lalu apa yang bapak ibu guru harapkan dari kami apabila gurupun mencap kami begitu?
bukankah kami jadi serba salah? bukankah itu adalah HAL TERBESAR yang menjangkit motivasi kami untuk tidak bangkit dan terus moving on?
I'll move on.
I want to move on.
I'm moving on.
I want to keep moving on.
mungkin gak banyak yang tau, tapi tekanan ini sakit ampe batin, dan mau cerita ke siapapun ga ada yang bakal ngerti karna temen gw semua beda jurusan, diceritain kayak gitupun juga, aku ga bakal berharap cuma dibilangin sabar ya dengan tampang guilty. bukan itu yang aku butuhkan kawan :|
dan harusnya gw lah yang mungkin seharusnya nangis kali, tadi.
mou saiyaaaku.

No comments:

Post a Comment