Wednesday, December 05, 2012

ketika saya tidak menemukan arti sekolah.

bahaya bener judulnya.

haha, tapi emang, kadang aku ngerasa kalo aku kehilangan arti untuk saya sekolah. mahal-mahal di sekolah yang berstatus rintisan internasional. tapi nyatanya,, *lirik sekolahan*

tadi, aku habis ujian suatu pelajaran. dimana notabene gurunya nggak pernah masuk kelas dengan alasan sibuk mengajar guru lain (semacam guru pemandu gitu), dan seperti biasanya, aku motokopi soal-soal taun kemaren sebagai bahan referensi soal. dan ternyatah..

plek-ji-plek sama persis isinya.
aku mikir dalem-dalem.

terus sebenernya satu semester ini aku ngapain aja sih.
kayak orang bego fooling around dan endingnya cuma tinggal nginget option ABC 10 menit, masuk kelas, coret-coret lembar jawab, terus keluar dengan tampang bahagia seakan-akan 'yes, gw bisa ngerjain!'

kaya gini namanya sistem RSBI? apa sekolah aku aja yang aneh sih?
dan soal kayak gini gak cuma atu mamen. sedih gak sih?

akhirnya disekolah ini kita mengejar apa sih? tiga tahun ini aku ngapain sih?
kayak orang idiot cari nilai kesana kemari. akhirnya yang kita butuhin nilai juga kan? eksistensi benda bernama nilai yang harusnya cuma jadi tolak ukur kemampuan siswa udah disalah gunakan.

terus aku belajar buat apa dong kalo akhirnya mahasiswa besok juga gak bakal kepake?

tuh kan, sekarang arti sekolah, arti belajar disekolah buat apa? mending aku nguplek ama pelajaran bahasa-bahasa yang aku sukai, yang pengen aku bener-bener pelajari aja tanpa harus belajar hal-hal yang toh akhirnya guru mau ngomong kayak apa, pelajaran teoritis yang cuma dipakai untuk mengejar nilai itu gak bakal ada gunanya lagi.

yang aku pengenin itu belajar, pengen tau hal-hal yang bekum aku ketaui sebelumnya.
belajar kemanusiaan dan moral biar anak-anak remaja sekarang bisa berpikir layaknya manusia cerdas. gak cuma menyerap yang ada di tv tanpa disaring.
belajar tentang hal-hal yang aku sukai, yang pasti dijamin bakal aku manfaatkan dimasa depan.

bukannya masa remaja itu masa-masa paling penting buat hal seperti ini yah?
terus sekolah bisa apa dong woy?
heran deh aku.
Ckck.

No comments:

Post a Comment