Thursday, December 16, 2010

tidak terakui?

akhir-akhir ini aku sering pusing soal apa yang pengin aku lakuin di masa depan.
besok mau masuk jurusan apa?
besok mau masuk fakultas dan jurusan apa di kuliah?
besok mau di universitas apa?
besok mau jadi apa?


kayane lebe kali ya untuk urusan kayak gini dipusingin pas waktu kelas satu. tapi aku udah mikir besok pas kelas dua mau jurusan apa? aku di IPA nilai kayak gitu, di IPS nilai juga kayak gitu.. trus aku mau dimana?
minat dan bakatku yang selama ini aku sadari cuma bahasa. tok, plek tok. dan rasanya gak banyak yang ngehargain itu sebagai sebuah, err.. apa ya? selayaknya di IPA ato IPS ya, secuil prestasi untuk dapat menguasai bahasa tuh ga dihargain.
kadang bikin sakit hati deh, asli.
kebayang ga si sesuatu yang bikin kamu terobsesi kepada sesuatu diremehkan sama orang lain? aku obsesi sama jepang. mimpi ku yang terbesar adalah untuk kuliah disana. dari SMP aku udah bela-belain les ampe sore, ngelanjut sampe level atas, sampe bela-belain ke Jogja seorang diri cuma buat sebuah ujian proficiency test bahasa Jepang. tapi semuanya kedengaran bitter di telinga. 'heh li, kamu ke jogja beneran? ngapain ndadak ke jogja segala, ujian gitu doang..' 'lah, kamu si li, jepang-jepangan aja..' 'aah, apaan nih bahasa alien?' bitter banget.
kalo bukan karena itu mimpi terbesar yang nguasain otak ku, mungkin aku ga bakal tahan untuk ngambil chainsaw dan nebas semua yang protes sama aku. tapi karna ini mimpi aku yang serius. aku udah tau gimana susahnya untuk ngeraih ni hal satu. gak boleh 'panas' cuma gara-gara bisikan kecil doang. lagipula yang ngomong kayak gitu , they don't understand. mereka gak tau gimana rasanya jadi yang diremehkan bukan?
tau ga si mimpi yang diremehkan itu sakitnya kayak apa? mereka gak menekuni satu bidang tertentu yang membuat mereka terobsesi dengan hal itu. sementara aku disini, ya, aku nekunin suatu bidang yang bener-bener aku suka, yang gak labil dan gak berubah.
aku belajar bahasa karena aku suka bahasa. bahasa itu mencerminkan apa yang ada di negara tersebut. dengan bahasa kita tau bagaimana tata krama suatu negara itu hidup. dengan perpaduan aksara saja kita bakal tau seberapa besar negara itu mengartikan suatu benda kecil saja.
cara pendidikan di Indonesia kadang ngebuat aku ngerasa mangkel. bahkan guru-guru PASTI berharap anak didiknya masuk IPA. yang masuk ke IPS, selalu diterakhirkan. seakan-akan anak IPS bukan sesuatu yang diharapkan. it's no offense. ini kenyataan. aku denger pake kupingku sendiri udah berapa kali guru-guru ku selalu memastikan muridnya untuk masuk IPA. memangnya semua orang di dunia ini harus jadi dokter? apa cuma dokterlah yang bisa menghasilkan banyak uang? apa cuma fakultas kedokteran dan sains saja yang berisi orang pintar?
heran. mangkel. kesel.
kenapa banyak banget orang yang berpikiran sempit di negara ini. semua boleh melakukan apa yang mereka minatin bukan? bukannya membandingkan atau apa, harusnya kita mencontoh sedikit negara-negara maju yang sukses, lihat apa yang mereka lakukan dengan anak-anak didiknya. bahkan mereka tidak pernah malu untuk bekerja jadi tukang pom bensin atau sekedar kasir di toko! mereka memilih apa yang mereka sukai tanpa terikat oleh pelajaran yang tidak pernah terpikir untuk berguna nantinya, tanpa jurusan atau apapun yang membuat mereka merasa dibedakan dan terkucilkan..
apa sastra dan bahasa itu sesuatu yang aneh? yang buruk? yang monoton dan ga penting?
setiap pembagian rapot, pasti begini :
' kenapa matematika nya jelek?'
' kenapa fisika, kimia, biologi jelek?'
' kenapa ekonomi, sejarah, sosiologi,geografi nya jelek?'
baru deh diliat bahasa inggris, bahasa indonesia, dan pelajaran bahasa lainnya.
emang se gak penting itukah nilai bahasa di mata orang?
trus selama ini mereka ngomong pake apa?
kalo gak ada bahasa kita mau apa?
pakai isyarat? isyarat juga bahasa!

trus, emang kenapa kalo aku suka jepang? korea sama jepang juga levelnya sama. gak ada bedanya. seakan-akan korea sama jepang beda, karena korea terasa lebih familiar aja, sementara yang diketaui tentang jepang cuma sakura dan sushi. udah. coba yang disetel drama-drama di tivi itu jepang semua, pasti semua sekarang lebih menyukai jepang daripada korea. sekali lagi no offense.
pecinta korea juga gitu ta? yang sampe serius belajar hangeul dan bahasanya, setidaknya mereka lebih beruntung karena korea terkenal disini. sementara jepang? cuma orang yang suka jepang aja yang tau persis apa itu jepang. bahkan kalo baca komik gak maksud gimana cara baca komik dari kiri ke kanan atau kanan ke kiri pun pasti juga ga bakal selamanya bisa baca komik kecuali komik yang udah di mirror kan.
huah, intinya aku mangkel banget sama orang yang secara sengaja tidak sengaja secara polos atau tidak polos secara langsung atau tidak langsung,
memandang rendah apa obsesi dan perjuanganku sekarang.
plis dong, tolong dong, hargai aku sedikiiiiitttt aja.
setidaknya ga usah ngelempar buku kanji ku dan bilang 'APAAN nih' dengan wajah boring.
sakit banget tau ga.
kalo ga tau ya ga usah kayak gitu dong caranya. kalo kamu jadi aku rasanya gimana hah? udah pengin ngamuk aja kan pastinya.
plis lah, tolong. kalo ga suka aku belajar bahasa dan kayak ginian, ya udah ga usah peduliin, itu lebih baik dari pada bilang 'apaan nih' dan ngeliat buku kanjiku dengan pandangan seakan 'ih-bahasa-alien-ngapain-lo-belajar-ginian-ga-penting' gitu.
plis lah, ya.. kalo ilmu pengetahuan mu luas dikit,
ini bukan bahasa alien, baka, jepang tu masih ada di peta dunia.
biarin aku yang ngejar apa yang aku obsesiin sendirian, deh. aku gak perlu remehan orang lain.
kamu mau diem aja aku udah bersyukur banget.
thankyou.

No comments:

Post a Comment